Guardiola Datang, Inggris Juara Dunia?

Pilihan karir Josep Guardiola ternyata ikut mempengaruhi tim mana yang keluar sebagai juara Piala Dunia di saat yang berdekatan. Dan jika memang teori ini ada benarnya, maka Inggris-lah yang bakal bersorak gembira.

Menurut laporan yang diturunkan oleh Mundo Deportivo, Guardiola mulai melatih di Barcelona pada 2008 silam dan Spanyol akhirnya keluar sebagai juara dunia di 2010. Tiga tahun berselang, Pep menukangi Bayern Munchen dan satu tahun kemudian Jerman dinobatkan sebagai yang nomor satu di Brasil.

Dan andai memang pola yang sama terus berlanjut, maka kehadiran Guardiola di Manchester City musim panas ini bakal mempengaruhi usaha Inggris dalam menjadi juara Piala Dunia 2018 mendatang di Rusia.

Terlepas dari faktor kebetulan, filosofi Guardiola tidak dipungkiri lagi memang memainkan pengaruh besar dalam gaya main timnas yang menjadi juara dunia beberapa tahun belakangan. Hal tersebut bahkan diakui sendiri oleh Joachim Loew, yang mengatakan bahwa Der Panzer memang senantiasa terinspirasi dari permainan Spanyol dan Barcelona di era keemasan mereka.

Sementara kala Spanyol menjadi juara Piala Dunia 2010, kebanyakan tim dihuni oleh para penggawa Barcelona, yang memang sudah saling mengenal di level klub.

Akankah pengaruh Pep menguntungkan timnas Inggris di gelaran turnamen antarnegara dunia dua tahun mendatang? Kita lihat saja.

Sumber; Bola.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *