Pirlo: Italia Tak Membutuhkan Saya…

Gelandang veteran Italia, Andrea Pirlo, memaklumi keputusan Antonio Conte tak memanggilnya ke tim nasional. Pirlo pun mengaku tetap menikmati Piala Eropa 2016 dari rumahnya.

Keputusan Conte tak menyertakan Pirlo ke Piala Eropa 2016 sempat menimbulkan pertanyaan. Pasalnya, sebelum turnamen bergulir, Italia kehilangan dua gelandangnya, Claudio Marchisio dan Marco Verratti karena cedera.

Conte sempat berujar bahwa Pirlo sudah tak menjalani level tertinggi dalam kariernya semenjak berkarier di Amerika Serikat bersama New York City FC.

Kendati begitu, Pirlo tak merasa terpukul dengan keputusan Conte. Buktinya, Pirlo tetap memberikan dukungannya untuk Italia meskipun kini hanya melalui layar televisi.

“Jika membuat pilihan bermain di Amerika, Anda tahu apa yang akan dihadapi. Jika punya prioritas bermain di Piala Eropa, saya akan bertahan di Juventus selama satu tahun,” ujar Pirlo seperti dilansir La Gazzetta dello Sport.

“Saya merindukan tim nasional. Meskipun hanya duduk di depan televisi, Anda tetap merasakan adrenalin, dan menyadari betapa hal itu bisa memengaruhi Anda. Namun, Italia tak membutuhkan saya. Mereka akan tetap melakukan yang terbaik ,” tutur pria 37 tahun itu.

Dalam kesempatan itu, Pirlo juga menyatakan bahwa Verratti berpeluang besar untuk menjadi pemimpin di skuad Italia pada masa mendatang. Seperti halnya Pirlo, Verratti tak dipanggil ke skuad tim nasional karena cedera.

“Mungkin Verratti adalah pemain paling menyerupai saya. Dia pasti bakal menjadi pemimpin Italia pada masa depan. Dia memiliki segala sesuatu yang diperlukan untuk menjalani peran itu,” katanya.

Sepanjang kariernya bersama Italia, Pirlo pernah menjuarai Piala Dunia 2006 di Jerman. Ia pun sempat membawa Italia melaju ke babak final Piala Eropa 2012, meskipun akhirnya kalah 0-4 dari Spanyol.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Pirlo memulai debutnya di tim nasional pada 7 September 2002. Hingga laga terakhirnya kontra Malta, pada 15 Maret 2015, Pirlo telah menorehkan 116 penampilan dan 13 gol untuk Italia.

Sumber; Kompas.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *